Apa itu pronounciation ?

Standard

Pronunciation adalah bagaimana kita mengucapkan atau menghasilkan suara dari kata-kata. Ketika sedang belajar bahasa Inggris, salah satu subyek yang paling sulit, di samping tata bahasa (grammar) dan kota kata (vocabularies), adalah pronunciation. Untuk menguasai English pronunciation, seorang pelajar bahasa Inggris (an English learner) perlu berlatih mengucapkan kata-kata setiap hari. Namun, sebelum dia bisa mengucapkan bunyi atau intonasi kata dengan benar, pertama-tama si English learner tersebut harus mendengar bagaimana kata diucapkan oleh penutur asli (native speakers).

Belajar pengucapan bahasa Inggris dari Penutur Asli (Learning Pronunciation from Native Speakers)
Ini adalah cara yang ideal untuk menyempurnakan bunyi pengucapan kata bahasa Inggris Anda. Coba cari penutur asli di kota Anda. Tanyakan apakah mereka bisa membantu Anda dalam hal latihan pengucapan (pronunciation exercises). Cara termudah adalah dengan mengunjungi sebuah lembaga pendidikan bahasa Inggris dan mencari tahu apakah mereka menyediakan guru-guru penutur asli bahasa Inggris atau tidak. Sering kali, kita temukan bahwa sekolah-sekolah ini tidak mampu membayar guru-guru penutur asli karena mereka terlalu mahal untuk dipekerjakan.

Baca juga artikel saya yang lain tentang pengucapan bahasa Inggris:

Pronunciation

How to Improve your English Pronunciation

The English Pronunciation of R

English Pronunciation of “s” and “z”

English Pronunciation of “A” and “O”
Perangkat Lunak Pengucapan (Pronunciation Software)
Dengan penyempurnaan di bidang teknologi, pada masa sekarang, berbagai perangkat lunak komputer dan rekaman kaset mengenai pengucapan bahasa Inggris telah tersedia di pasar. Software dan kaset tersebut ditawarkan oleh lembaga pendidikan bahasa Inggris atau perusahaan tertentu. Pergilah ke sebuah toko buku dan cari tahu apakah software seperti itu tersedia atau tidak. Jika Anda tidak bisa mendapati software pengucapan bahasa Inggris di toko buku atau sekolah-sekolah bahasa, Anda masih bisa mendapatkannya dari internet. Software jenis ini mungkin mahal tetapi layak dibeli.
Kamus Pengucapan (Pronunciation Dictionary)
Sebenarnya setiap kamus harus memiliki informasi atau penjelasan yang memadai mengenai bagaimana kata-kata yang ada di dalamnya diucapkan. Biasanya dalam bab-bab yang membahas tentang pengucapan, penulis atau pengarang kamus telah menyediakan sebuah daftar simbol untuk membantu pelajar bahasa Inggris menghasilkan suara kata-kata bahasa Inggris yang termuat di dalam kamus itu. Simbol-simbol ini disebut the International Phonetic Alphabet (IPA). atau sederhananya disebut Phonetic Symbols.
Mempelajari pengucapan bahasa Inggris dari Video
Ini adalah apa yang saya sungguh-sungguh sarankan. Ada banyak video belajar bahasa Inggris yang tersedia secara gratis di internet. Masuk saja di websitenya Youtube dan ketik “pronunciation”. Beberapa detik kemudian, Anda akan mendapatkan banyak sekali video yang berhubungan dengan English Pronunciation. Durasi video bisa sependek 1 menit hingga sepanjang 10 menit. Ada kemungkinan, karena sambungan internet yang buruk, kadang-kadang kata yang diucapkan oleh penutur bahasa Inggris tidak cukup jelas didengar. Tunggu hingga semua aliran video telah ter-download semua kedalam komputer Anda dan mainkan lagi. Ketika itu Anda akan mendapatkan video dengan pengucapan dan penjelasan yang jernih. Penting pula untuk memastikan apakah loud speaker atau pengeras suara di komputer Anda berjalan dengan baik supaya Anda bisa berlatih pronunciation dengan mudah. Salah satu manfaat belajar lewat internet atau software adalah Anda bisa mengulangi pelajaran hingga berkali-kali sesuai dengan kebutuhan Anda.
Pengucapan Bahasa Inggris British dan Amerika (British Pronunciation and American Pronunciation)
Meskipun simbol-simbol fonetik dari kata-kata dalam bahasa Inggris adalah universal, cara kata-kata itu diucapkan bisa saja berbeda dalam pengucapan British dan aksen Amerika. Sebenarnya, perbedaan dalam pengucapan tidaklah mencerminkan bahwa dua benua tersebut berbicara bahasa yang berbeda. Dalam pengucapan Amerika, bunyi /r/ biasanya lebih kuat dari pada pengucapan British.
Menurut pengalaman saya, ketika sedang berlatih pengucapan British, suara /r/ di tengah suatu kata biasanya lemah dengan vokal sebelum suku kata itu diucapkan lebih panjang atau dengan tekanan.

TEST YOUR ENGLISH PRONOUNCIATION : Klik Di sini

TESTING PRONOUNCIATION : Klik Di sini

 

       

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s